TIPS MENJALANKAN BISNIS
KAOS DISTRO
1. Dimulai dengan ide yang keren
Setelah Anda memutuskan bahwa
Anda ingin memulai bisnis kaos distro, mulai dengan melakukan brainstorming
ide-ide yang menarik untuk tema kaos Anda, ciri khas produksi kaos Anda,
tuliskan ide sebanyak Anda bisa. Beberapa hal yang perlu dipikirkan adalah,
apakah Anda ingin kaos dengan sablon teks atau kaos dengan sablon gambar atau
keduanya? Apakah Anda ingin membuat kaos untuk wanita, pria, anak-anak? Apa
kaos distro yang sedang trend sekarang dan model kaos apa yang sedang orang
banyak pakai? Pertanyaan yang banyak Anda tanyakan pada diri sendiri, akan
semakin banyak ide muncul selama brainstorming ide ini.
2. Tentukan target pasar Anda
Setelah Anda brainstorming
ide-ide Anda, saatnya untuk mulai berpikir tentang target pasar kaos Anda.
Siapa yang akan membeli kaos Anda? harus sespesifik mungkin. “Pria berusia
antara 18-45” bukanlah target pasar yang spesifik. Anda harus menggali lebih
dalam dan menemukan target pasar lebih detail untuk penjualan kaos Anda.
Beberapa contoh target pasar spesifik adalah para photografer, komunitas
penghobi burung kicau, komunitas mancing mania, pria yang hobi bermain golf,
bersepeda, wanita yang memiliki anak balita dll. Kemungkinannya tak terbatas
dan lebih spesifik Anda bisa mendapatkan dengan niche target pasar penjualan
kaos Anda, akan lebih mudah untuk menjual kaos Anda dan dimulai dengan rencana
pemasaran tertentu.
3. Tempat produksi atau konveksi kaos Anda
Banyak pengusaha kaos dimulai
dengan membeli kaos polos jadi dari produsen lain, atau memesan kaos polos ke
tempat produksi atau konveksi kaos yang ada. Hal ini memungkinkan Anda untuk
menawarkan berbagai ukuran, warna dan model kaos Anda, tetapi tetap dengan
modal yang lebih sedikit. Banyak produsen kaos polos menjual dengan harga
benar-benar murah, sehingga Anda dapat menguji beberapa model atau tema sablon
kaos yang berbeda untuk test market, melihat penjualan model sablon kaos yang
terbaik untuk niche pasar Anda. Pilihan lain adalah Anda memiliki konveksi kaos
sendiri, namun sudah tentu membutuhkan tempat dan modal produksi yang lumayan.
Bisa dilihat di artikel RAB Bisnis Usaha Konveksi.
4. Tempat Sablon kaos Anda
Sablon adalah nyawa bisnis kaos
distro Anda. Beberapa orang dalam bisnis kaos distro kebanyakan memiliki tempat
sablon kaos sendiri dan mereka memiliki semua peralatan yang diperlukan untuk
sablon manual kaos sendiri. Jika Anda tidak memiliki tempat sablon sendiri,
maka cari di Internet untuk tempat sablon di daerah Anda dan bertemu dengan
mereka untuk mendiskusikan kebutuhan Anda. Jangan malu untuk berkonsultasi
dengan sebanyak mungkin tempat sablon kaos dan bekerja sama dengan orang yang
cocok untuk Anda. Tempat sablon kaos di Bandung sendiri tersebar di berbagai
daerah, salah satunya daerah Suci.
5. Harga jual kaos Anda.
Harga kaos Anda tergantung pada
biaya produksi untuk setiap kaos, atau dinamakan dengan actual costing,
sehingga dapat dihitung HPP (Harga Pokok Penjual). Saat menghitung harga,
pastikan untuk menyertakan harga sebenarnya, biaya sablon, biaya pengiriman,
biaya hangtags dan label dan biaya lainnya seperti pemasaran dan tenaga kerja
lainnya. Pertimbangkan juga jika Anda berencana untuk menjual kaos eceran atau
grosir atau keduanya. Jika Anda tidak menjual kaos Anda ke toko-toko atau
distro kaos, dan Anda jual kaos sendiri, maka sangat mungkin harga kaos Anda
akan lebih murah daripada harga kaos yang dijual oleh distro-distro kaos pada
umumnya. Pada intinya, menetapkan harga kaos harus menutup semua biaya dan
membuat keuntungan juga. Dan jangan takut untuk menjual kaos dengan harga kaos
lebih tinggi jika biaya produksi memang tinggi dan kualitas kaos Anda beda
dengan yang lainnya.
6. Menjual Kaos eceran atau ritel
Jika Anda ingin menjual kaos Anda
secara ritel langsung kepada konsumen, ide yang paling baik adalah membuat toko
online kaos Anda sendiri dan mencetak beberapa kartu nama sehingga Anda dapat
mempromosikan bisnis kaos distro baru Anda. Selalu arahkan orang untuk membeli
kaos langsung dari website toko online Anda dan pastikan Anda memiliki
fotografi yang baik yang mencerminkan kualitas kaos Anda, menu dan desain web
toko online yang tidak ribet dan membingungkan pembeli. Berikan layanan support
yang bagus melalui telepon, BBM, Whatsup, Line, YM dll. Berikan harga diskon,
layanan super cepat, sehingga menumbuhkan kepercayaan terhadap pembeli. Anda
juga mungkin dapat mempertimbangkan menjual kaos Anda di sosial media seperti
facebook, instagram, forum-forum, acara-acara lokal seperti pasar kaget,
pameran atau acara-acara perayaan lain di kota Anda.
7. Menjual kaos grosir atau partai
Anda juga dapat menjual kaos Anda
ke toko-toko atau distro-distro kaos lain yang menargetkan niche pasar Anda.
Anda dapat menghubungi toko kaos atau distro kaos langsung dan meminta untuk
berbicara dengan pemilik atau manager atau marketingnya dengan membawa beberapa
sample atau contoh kaos hasil produksi Anda. Banyak toko atau distro kaos atau
clothing membutuhkan banyak barang untuk melengkapi pajangan barang dagangan
mereka. Mulailah dengan toko atau distro kaos yang ada di kota Anda terlebih
dahulu.
8. Memasarkan dan mempromosikan kaos Anda dengan online dan offline
Jangan beranggapan bahwa jika
Anda sudah memiliki sebuah website online store, orang akan langsung tahu
alamat online store Anda atau bahkan menemukan secara online dari search engine
atau mesin pencari. Belajarlah tentang SEO. Hal terbaik adalah dengan membuat
beberapa blog, bahkan blog gratis seperti di blogger atau wordpress yang
tentunya membahas tentang kaos atau fashion pada umumnya, kemudian Anda rajin
menulis fresh artikel hasil tulisan Anda sendiri, jangan sekali-kali kopas dari
artikel blog orang lain. Kemudian buatlah link ke halaman-halaman produk
dagangan di website online store Anda. Beberapa cara lain adalah dengan
mempromosikan online store Anda di social media seperti facebook, twitter,
instagram, path dll. Jika Anda mengalokasikan untuk budget promosi, maka Anda
bisa memasang iklan atau banner di blog-blog orang lain, atau pasang iklan
berbayar lainnya seperti google adwords, atau facebook ads. Atau cari orang
khusus untuk menangani bagian SEO (Search Engine Optimization).
Dan yang terakhir yang tak kalah
penting, pakailah sendiri kaos-kaos hasil produksi Anda sesering yang Anda
bisa! kemanapun, kapanpun. Hal ini kadang-kadang menjadi metoda yang terbaik
dan paling efektif untuk menunjukan eksistensi kaos produksi Anda. Beritahu
semua orang yang Anda tahu, teman-teman Anda tentang usaha bisnis kaos distro
baru Anda dan mintalah mereka untuk memberitahu teman-teman mereka. Dari mulut
ke mulut masih merupakan teknik marketing yang sangat kuat.
SUMBER : http://www.konveksian.com/8-tips-menjalankan-bisnis-kaos-distro/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar